CHARACTER BUILDING BAGI LULUSAN T.A 2019/2020

Lulusan sebagai agent of change kepemimpinan harus memiliki kemampuan akademis leadership, social skills dan akhlak yang mulia. Keempat point tersebut merupakan hal yang saling terkait dan esensial untuk dimiliki oleh lulusan sebagai calon-calon pemimpin. Lulusan juga perlu mempersiapkan diri dengan baik, perlu menempa secara periodik untuk meningkatkan kapasitas lulusan agar menjadi cukup mumpuni dalam mengemban amanah yang diharapkan oleh masyarakat yaitu menjadikan negara ini menjadi negara yang bermartabat, damai dan sejahtera. Oleh karena itu, perlu adanya training pencerdasan bagi lulusan tentang pembentukan karakter (Character Building) guna membentuk pribadi lulusan yang berkarakter dan mampu berkontribusi untuk masa depan profesi yang lebih baik. (klik READ MORE)

Pada zaman sekarang kebanyakan lulusan hanya berorientasi kepada intelektual tanpa memperhatikan kualitas dari karakter diri. Dampak dari masalah tersebut maka banyak lulusan yang memiliki karakter yang anarkis dan bertindak semena- mena diluar dari akal sadarnya. Pembentukan karakter lulusan dapat didukung oleh beberapa faktor antara lain: Keluarga, lingkungan, teman sebaya, Agama dan pendidikan formal. Untuk itu menjadi suatu kewajiban Institusi pendidikan untuk melakukan pembentukan karakter manusia yang akan menjadi cikal bakal generasi bangsa yang memiliki budi pekerti dan akal yang sehat sebagai modal saat seorang lulusan dalam berinteraksi sosial didalam kehidupan sehari- hari.
Institusi pendidikan yang baik adalah institusi yang memperhatikan kualitas dan keseimbangan dari Inteligence Quation (IQ), Spiritual Quation (SQ), dan Emosional Quation (EQ). Pengembangan keilmuan lulusan ke arah perluasan wawasan, sikap dan peningkatan keterampilan, serta integritas kepribadian bagi lulusan untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi merupakan tanggung jawab institusi. Pengembangan ilmu tersebut dapat diperoleh lulusan melalui pendidikan yang sudah diintegrasikan dalam kurikulum atau didapatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang berada di bawah tanggung jawab bagian akademik yang dapat dilakukan melalui academic workshop ataupun pelatihan yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan karakter yang berhubungan dengan bidang keperawatan atau disesuaikan dengan materi-materi yang terdapat dalam kurikulum.

Kebutuhan untuk pengembangan lulusan maupun lulusan agar senantiasa kompeten, kompetitif dan memiliki semangat belajar serta kerja yang baik adalah sebuah urgensitas bagi seluruh insan profesi yang dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan yang secara umum dapat dilakukan oleh perawat di segala unit dimanapun mereka bekerja. Kompetensi yang secara umum dapat diaplikasikan di semua unit kesehatan adalah kemampuan untuk menyeimbangkan antara kualitas pengetahuan dan emosi.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Keluarga menyelenggarakan pelatihan Character Building bagi lulusan tahun ajaran 2019 / 2020.

1CB1920

2CB1920

3CB1920

4CB1920

5CB1920