DIII Keperawatan

A. Profile Program Studi DIII Keperawatan

Pendidikan Diploma III Keperawatan adalah pendidikan tinggi keperawatan yang menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki sikap dan kemampuan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui penerapan Kurikulum Pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

B. Visi

Menjadi salah satu Program Studi DIII Keperawatan swasta unggulan di Indonesia pada tahun 2020.

C. Misi

a. Menyelenggarakan Prodi DIII Keperawatan secara profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbasis penelitian.
b. Mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia melalui peningkatan jenjang pendidikan yang berkesinambungan dan pengembangan diri dibidangnya.
c. Menjadi model penyelenggaraan Prodi DIII Keperawatan di Indonesia.

D. Profil Lulusan

Profil lulusan DIII Keperawatan di Indonesia adalah sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia melalui aspek bio-psiko-sosio-kultural- spiritual dalam kondisi sehat-sakit berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik keperawatan. Lulusan program studi DIII Keperawatan STIKes Mitra Keluarga selain sebagai pelaksana pemberi asuhan keperawatan juga mempunyai keterampilan khusus menjadi perawat yang terampil dalam penanganan kegawat daruratan dengan tanggap, sigap dan cepat.

E. Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan DIII Keperawatan terdiri atas :

Kompetensi Utama
1. Mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga dan kelompok baik sehat, sakit dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio-psiko-sosial-kultural dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standart asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
2. Mampu melaksanakan prosedur bantuan hidup dasar (Basic Life Support/BLS) pada situasi gawat darurat/bencana dengan memilih dan menerapkan metode yang tepat, sesuai standar dan kewenangannya.
3. Mampu memberikan (administering) dan mencatat obat oral, topical, parenteral dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan.
4. Mampu memilih dan menggunakan peralatan dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan standar asuhan keperawatan.
5. Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan, mendokumentasi dan menyajikan informasi asuhan keperawatan.
6. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga/ pendamping/ penasehat tentang rencana tindakan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya.
7. Mampu memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan.
8. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan kuantitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, tenaga kerja pendukung (support workers) yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya.
9. Mampu melakukan pencegahan penularan infeksi dan promosi kesehatan.
10. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan menganalisis data serta metode yang sesuai dan dipilih dari beragam metode yang sudah ataupun belum baku dan dengan menganalisis data.
11. Mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
12. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif, dilaksanakan dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
13. Mampu menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan shahih, mengkomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya.
14. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian tugas kelompok.
15. Mampu melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
16. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
17. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Kompetensi Penunjang
1. Mampu melaksanakan prosedur klinik keperawatan dengan terampil.
2. Mampu melakukam pengkajian kegawatdaruratan dan menentukan prosedur klinik kegawatan yang tepat untuk bantuan hidup dasar.
3. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada individu dengan gangguan imunologi dengan benar.
4. Mampu melakukan pencegahan penularan penyakit menular kepada individu, keluarga dan kelompok sesuai trend san issue terkini.
5. Mampu melaksanakan peran perawat di tatatanan Public Health Care (PHC)/ Puskesmas dengan baik.
6. Mampu melakukan prosedur keperawatan dalam upayaa meningkatkan kesehatan ibu dan anak.
7. Mampu melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan individu atau kelompok.

Kompetensi lainnya
1. Mampu melakukan percakapan dalam bahasa inggris kepada individu (pasien).
2. Mampu melakukan presentasi dalam bahasa inggris
3. Mampu melakukan persiapan pemeriksaan diagnostik dan terapi menggunakan alat modern

F. Laboratorium Keperawatan

1. Laboratorium Keperawatan Dasar

Capture2

2. Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah

Capture1

3. Laboratorium Keperawatan Anak

Capture2

4. Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat

Capture3

5. Laboratorium Keperawatan Maternitas

Capture4

6. Laboratorium Jiwa Komunitas

Capture2