PROFILE STIKES MITRA KELUARGA
Sejarah Perkembangan STIKes Mitra Keluarga
Yayasan Pendidikan Mitra Keluarga berada dalam naungan GRUP RS MITRA KELUARGA yang memiliki jaringan Rumah Sakit yang tersebar di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Grup RS Mitra Keluarga maka pada tahun 1993 Yayasan Pendidikan Mitra Keluarga mengajukan penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam bidang kesehatan kepada Kemenkes dengan ijin penyelenggaraan pendidikan Diploma III Keperawatan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.00.1.1.00871 yang bernama Akademi Keperawatan Mitra Keluarga (AKMK).
Pada April 2010, AKMK telah melakukan alih bina dari Kemenkes ke Kemendiknas dengan SK Kemendikas No. 024/003/2.2/KL/2010. Sebagai bukti pertanggungjawaban terhadap masyarakat, institusi telah diakreditasi baik oleh Kemenkes dan terakhir diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) dengan No. 040/SK/BAN PT/AKA-XII/DP I-III/II/2013. Pada tahun 2014, AKMK telah berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang menyelenggarakan 3 program studi yaitu: prodi DIII Keperawatan, DIII Analis Kesehatan, S1 Ilmu Gizi dengan SK Kemendikbud 149/E/O/2014 pada bulan Juni 2014. Dalam perkembangan selanjutnya STIKes memperoleh ijin penambahan program studi S1 Farmasi pada tahun 2016, dan pada tahun 2017 memperoleh ijin penyelenggaraan program studi S1 Keperawatan + Profesi Ners. Sehingga sampai saat ini program studi yang dimiliki oleh STIKes Mitra Keluarga berjumlah 6 (enam). STIKes Mitra Keluarga terus berupaya menunjukkan tanggung jawab dan kualitas terhadap masyarakat, sehingga pada tahun 2020 memperoleh status akreditasi institusi Baik sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK 795/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/X/2020.
Visi
Menjadi institusi pendidikan tinggi kesehatan yang inovatif di tingkat Nasional pada tahun 2035
Misi
- Menyelenggarakan tata kelola pendidikan yang profesional.
- Menyelenggarakan kerjasama yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang berbasis IPTEK dan inovatif.
- Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan berkesinambungan untuk pengembangan IPTEK.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dan inovasi dalam bidang kesehatan sebagai upaya peningkatanderajat kesehatan masyarakat.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan unggul di bidang kesehatan
- Meningkatkan kualitas SDM
- Menghasilkan publikasi ilmiah secara berkala melalui jurnal nasional dan internasional
- Meningkatkan kerjasama dengan pendidikan tinggi kesehatan dalam negeri maupun luar negeri yang berkualitas
- Menerapkan dan mengembangkan proses pembelajaran dengan e-learning
- Meningkatkan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan akademik dan non akademik
Sasaran
- Diperolehnya peringkat akreditasi terbaik dari lembaga akreditasi Nasional
- Peningkatan mutu dan daya saing lulusan di tingkat nasional
- Meningkatnya budaya dan kualitas riset, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah
- Tersedianya sarana prasarana yang modern sesuai dengan perkembangan IPTEK
- Terjalinnya kerjasama dengan pendidikan tinggi kesehatan dalam negeri maupun luar negeri yang berkualitas
- Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM dosen dan tenaga kependidikan
- Tercapainyapeningkatanmututatakelolainstitusi
- Meningkatnya peran institusi dalam menghasilkan tenaga kesehatan strata diploma dan sarjana