MASA STUDI

4 TAHUN

STRATA

Sarjana Keperawatan (S. Kep)

AKREDITASI

BAIK

Profil S1 Keperawatan

Prodi S1 Keperawatan memiliki visi menjadikan Program Studi S1 Keperawatan yang unggul dalam menghasilkan perawat yang inovatif dan professional dalam penatalaksanaan Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis IPTEK di Tingkat Nasional Tahun 2035. Lulusan Prodi S1 Keperawatan dan Ners dapat bekerja sebagai perawat di instansi pelayanan kesehatan (Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik)

Visi & Misi

Tujuan

  1.  Meningkatkan mutu tata kelola program studi.
  2. Mengembangkan jejaring kerjasama dalam pengembangan tata kelola dan tridharma PT.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing nasional dan internasional secara akademik dan non-akademik.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia yang memadai secara kuantitas maupun kualitas sesuai bidang keahliannya.
  5. Mengembangkan proses pembelajaran yang efektif berbasis teknologi.
  6. Menyediakan Sarana dan Prasaran yang memadai secara kuantitas dan kualitas, untuk mendukung tridharma Perguruan Tinggi.
  7. Menghasilkan penelitian yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang keperawatan khususnya PTM yang dijadikan sebagai acuan bagi proses pembelajaran.
  8. Menghasilkan luaran penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
  9. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan permasalahan, kebutuhan atau tantangan di masyarakat khususnya PTM sebagai upaya peningkatan status kesehatan masyarakat.
  10. Menghasilkan luaran PKM yang berdaya guna bagi masyarakat luas dan bersinergis dengan penelitian dan pendidikan.
  11. Menghasilkan inovasi yang berdaya guna bagi masyarakat.

Beban Studi

Beban belajar program studi S1 Keperawatan STIKes Mitra Keluarga adalah 148 sks. Bobot SKS teori sebesar 98 SKS (65,54%), praktikum sebesar 47 SKS (31,76%) dan Klinik/ Lapangan 10 SKS (6,7%).

Profil Lulusan

  1.  Care Provider
  2. Communicator
  3. Health Educator and Promoter
  4. Manajer and leader
  5. Researcher

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1.  Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, profesional, etika, hukum, moral dan budaya dalam keperawatan (aspek sikap)
  2. Mampu menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif serta bekerja sama dengan dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien (aspek penetahuan da ketrampilan umum)
  3. Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dengan memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam pemberian asuhan keperawatan (aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan khusus).
  4. Mampu melakukan evaluasi asuhan keperawatan sebagai upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan dalam tatanan klinik maupun komunitas (aspek pengetahuan, ketrampilan khusus)
  5. Mampu melaksanakan edukasi dengan ketrampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah (aspek pengetahuan, ketrampilan khusus)
  6. Mampu menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien (aspek pengetahuan, ketrampilan khusus)
  7. Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan (aspek pengetahuan, ketrampilan umum, ketrampilan khusus)
  8. Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan (aspek pengetahuan, ketrampilan umum, ketrampilan khusus)
  9. Mampu mengembangkan keahlian profesional melalui pembelajaran seumur hidup (aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan umum, ketrampilan khusus)
  10. Mampu mengembangkan karakter inovatif dalam penerapan asuhan keperawatan khususnya kasus PTM
Scroll to Top