MASA STUDI

4 TAHUN

STRATA

Sarjana Gizi (S. Gz)

AKREDITASI

BAIK SEKALI

PROFIL S1 GIZI

Prodi S1 Gizi memiliki visi menjadi Program Studi S1 Gizi unggulan di tingkat Nasional pada tahun 2035 dengan menghasilkan lulusan yang handal dalam inovasi panngan dan gizi. Lulusan Prodi S1 Gizi dapat bekerja sebagai ahli gizi di industri jasa pangan (catering services), ahli gizi di Rumah Sakit/Puskesmas, Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Badan Ketahanan Pangan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional, LSM, serta instansi lainnya yang berkaitan dengan keilmuan gizi dan pangan.

Program Studi S1 Gizi STIKes Mitra Keluarga mengacu kepada visi untuk menghasilkan lulusan yang handal dalam inovasi pangan dan gizi, adapun kompetensi utama yang di unggulkan di tempat kerja adalah :

1. Asuhan Gizi Masyarakat

2. Asuhan Gizi Klinik

3. Manajemen Penyelenggaraan Makanan / Industri / R & D formulasi produk pangan / Quality Food Assurance

Visi & Misi

Tujuan

 1. Meningkatkan mutu tata kelola program studi S1 gizi yang professional.

2. Mengembangkan jejaring kerjasama dalam pengembangan tata kelola dan tridharma PT.

3. Menghasilkan lulusan yang inovatif dan berdaya saing nasional dan internasional secara akademik dan non akademik.

4. Mengembangkan sistem informasi manajemen perguruan tinggi (SIMPT) berbasis teknologi.

5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM yang inovatif.

6. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai secara kuantitas dan kualitas untuk mendukung inovasi Tri Dharma PT.

7. Menghasilkan penelitian inovatif untuk pengembangan pendidikan dan PKM.

8. Menghasilkan luaran penelitian yang inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

9. Melaksanakan PKM sesuai dengan permasalahan kebutuhan dan tantangan di masyarakat sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan.

Beban Studi

Berdasarkan Struktur Mata Kuliah Program Studi S1 Gizi 2022 apabila mahasiswa mengambil perkuliahan tanpa mengikuti merdeka belajar maka diperoleh persentase bobot kuliah sebagai berikut dengan masa studi selama delapan (8) semester :

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran program pendidikan S1 Gizi meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang diuraikan sebagai berikut :

A. SIKAP

S1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan PancasilA.

S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa serta mendukung perdamaian dunia

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal yang lain

S6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

B. PENGETAHUAN

P1. Mampu berfikir luas (meta-kognitif) dengan landasan ilmiah

P2. Mampu menjelaskan teori dasar, iptek gizi serta ilmu pangan secara terstruktur

P3. Mampu menjelaskan teori dasar, iptek gizi serta ilmu biomedik secara terstruktur

P4. Mampu menjelaskan teori dasar, iptek gizi serta ilmu humaniora secara terstruktur

P5. Mampu menjelaskan teori dasar, iptek gizi serta ilmu manajemen secara terstruktur

P6. Mampu menjelaskan konsep inovasi pangan

P7. Mampu menjelaskan konsep inovasi program gizi

C. KETERAMPILAN

Keterampilan Umum

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian gizi

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian gizi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian gizi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus

KK1. Mampu mengaplikasikan iptek gizi dalam pemecahan masalah gizi perorangan, kelompok dan masyarakat melalui penilaian status gizi

KK2. Mampu berkomunikasi efektif dalam pelayanan konseling, edukasi gizi, dan dietetik untuk menangani masalah gizi individu, kelompok dan masyarakat sesuai hasil kajiannya serta mempertimbangkan implikasinya

KK3. Mampu mengelola pelayanan gizi berdasarkan penilaian gizi yang sudah baku secara mandiri

KK4. Mampu mambuat keputusan dalam proses pemecahan masalah gizi perorangan, kelompok dan masyarakat melalui penilaian status gizi dan faktor terkait

KK5. Mampu mengembangkan pelayanan gizi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta mampu beradaptasi pada kondisi sumber daya terbatas

KK6. Mampu bekerjasama dalam tim dan bertanggung atas hasil kerja mandiri atau kelompok dan memiliki sikap kritis, empati pada klien dan tim kerja pada tingkat internal serta eksternal organisasi

KK7. Mampu mendesain dan mengelola pendidikan gizi dengan menggunakan media dan metode sesuai karakteristik sasaran

KK8. Mampu mendesain dan mengelola penyelenggaraan makanan pada institusi dengan menerapkan konsep – konsep gizi dan manajemen

KK9. Mampu mengembangkan rencana bisnis untuk program, produk atau layanan, termasuk pengembangan anggaran, kebutuhan staf, persyaratan fasilitas, perlengkapan dan persediaan

KK10. Mampu melakukan penelitian di bidang gizi dan mendiseminasikan kajian penelaahan masalah gizi yang akurat dalam bentuk skripsi

KK11. Mampu mengembangkan inovasi pangan 

KK12. Mampu mengembangkan inovasi program gizi

KK13. Mampu mengembangkan rencana bisnis untuk produk dan jasa, melakukan fungsi dan analisa pemasaran, membuat inovasi produk gizi dan melakukan fungsi marketing

KK14. Mampu mengelola sumberdaya lokal, bisnis gizi (nutripreneurship)

Scroll to Top